Minggu, 29 Agustus 2010

Mengapa Fluida?

Hai Fluider...

Mungkin ada beberapa teman-teman yang penasaran, kenapa harus bernama Fluida? Nah, dalam posting kali ini Fluida akan memberitahu mengapa nama "Fluida" yang di gunakan.

Awalnya nama kelompok kami berasal dari hibah MEKANIKA yaitu "Kelompok 6", kemudian MEKANIKA memberikan kami kesempatan untuk menamai kelompok kami masing-masing. Sebenarnya kami ingin menamai kelompok kami "The Jokers" atau "Ki Joko Bodo" atau "The Kayang" dan masih banyak nama-nama keren lainnya. Namun kenyataannya, ternyata nama kelompok harus memiliki korelasi dengan kata MEKANIKA itu sendiri.

Setelah melakukan perdebatan yang cukup alot, kami pun memutuskan untuk menggunakan nama Mekanika Fluida sebagai nama kelompok kami. Namun, kami hanya menggunakan kata "Fluida" saja karena di dalam diri kami sudah tertanam semangat MEKANIKA itu sendiri untuk itu kami tidak menggunakan kata "Mekanika".

Akhirnya terbentuklah Fluida yang merupakan salah satu kelompok dalam MEKANIKA. Kamipun tidak sembarangan mengambil nama Fluida, karena dibalik nama fluida memiliki arti yang mendalam dan sesuai dengan jiwa kami sebagai Fluida.

Fluida merupakan zat yang memiliki kemampuan untuk mengalir. Kamipun menggunakan 2 substansi yang termasuk ke dalam fluida yaitu Air dan Udara. 

Air melambangkan ketenangan dan kebersamaan, di saat air dalam suatu wadah dijatuhkan sebuah benda, maka beberapa saat akan terjadi gelombang dari pusat yang berada pada tempat benda itu dijatuhkan, namun perlahan tapi pasti gelombang-gelombang yang muncul di sebarkan secara perlahan pada permukaan air yang lain hingga gelombang itu pun padam dan permukaan air kembali tenang. Hal itu menjelaskan bahwa kami Fluida selalu berpikir tenang dalam menghadapi masalah yang kami hadapi dan selalu bekerja sama dalam menghadapi masalah-masalah yang ada.

Udara melambangkan kerendahan hati dan semangat ingin menolong. Udara memberi kebaikan dengan mendatangi manusia. Bukan sebaliknya. Tanpa memamerkan diri, ia akan bersusah payah menyelinap di lubang sekecil jarum sekali pun, demi memenuhi kebutuhan manusia. Udara pula yang selalu menemani manusia, di mana dan kapan pun. Hal itu menjelaskan bahwa kami Fluida selalu rendah hati dan akan menolong tanpa harus dimintai pertolongan.

Dan kedua elemen tersebut, air dan udara mampu menyesuaikan diri pada wadahnya masing-masing, menjelaskan bahwa kami Fluida dapat beradaptasi kapanpun, dimanapun dan dalam keadaan apapun.

Kami dari kelompok Fluida akan berusaha untuk selalu ada dan eksis, seperti air dan udara. Tidak hanya pada MEKANIKA saja, tentu saja kami akan berusaha selalu ada dan eksis untuk mensejahterakan bangsa Indonesia, karena hal itulah yang merupakan tujuan utama kami sebagai mahasiswa.

Demikianlah, kisah tentang mengapa kami memilih Fluida sebagai nama kelompok kami dan filosofi Fluida itu sendiri secara konkrit. Semoga fislosofi air dan udara tadi juga bukan hanya menginspirasi kami tapi menginspirasi teman-teman semua, karena tidak bergunalah kami apabila kami tidak dapat memberikan sumbangsih kepada para Fluider...

Sampai jumpa di postingan berikutnya ya!!
Salam Fluida,

1 komentar: