Rabu, 01 September 2010

Pusing Membaca Text Book Berbahasa Inggris


Hai Fluider,
Setelah kita menapak ke jenjang universitas, banyak sekali perubahan-perubahan yang mempengaruhi pribadi kita masing-masing dari cara belajar, sikap-sikap dosen, cara penyebaran pengumuman dan yang paling membuat kebanyakan dari kita pusing adalah buku cetak yang tebelnya bukan main dan dapat kita gunakan untuk menjadi bantal, ngegebuk maling, ngelempar anjing serta menimba ilmu.

Ternyata bukan hanya dari segi tebal buku itu saja yang membuat kita melongo, namun setelah kita membuka halaman pertama buku cetak, feeling kita sudah merasakan hal yang tidak enak, karena di cover buku cetak  judulnya menggunakan bahasa Inggris. Halaman demi halaman kita buka dan ada beberapa orang menangis karena buku yang tebalnya 1000 halaman itu semua kata-katanya menggunakan bahasa Inggris.

Memang sangat menyedihkan karena banyak mahasiswa-mahasiswa yang kemampuan bahasa Inggris nya kurang dan hal ini dapat menurunkan semangat belajar akibat shock. Namun ada beberapa cara agar kedepannya teman-teman dapat belajar dari buku cetak berbahasa Inggris dengan mudah.

Pertama, niatkan dalam diri teman-teman bahwa tujuan kalian adalah untuk belajar dan selalu tanamkan dalam diri kalian bahwa yang kalian lakukan adalah menyelam sambil minum air, jadi saat kali belajar dari buku cetak berbahasa Inggris kalian akan mempelajari materi pelajaran sekaligus mempelajari Bahasa Inggris.
Kedua, jangan menyerah, coba terus dan selalu lihat kamus. Ketiga hal itu akan mendukung usaha teman-teman untuk lancar belajar menggunakan buku cetak berbahasa Inggris.

Ketiga, jangan malu untuk bertanya kepada teman kalian yang saat muntah pun dia berbahasa Inggris. Tanya, tanya dan terus tanya jika ada hal yang teman-teman tidak mengerti.

Keempat, cari dan gunakan buku cetak berbahasa Indonesia. Walaupun sukar dicari namun buku cetak berbahasa Indonesia tetap ada di pasaran, namun kekurangannya adalah kita tidak dapat belajar bahasa inggris padahal di zaman sekarang bahasa inggris merupakan sesuatu yang sangat penting yang harus dikuasai para mahasiswa.

Kelima, ambil jurusan Sastra Indonesia, Sastra Rusia, Sastra Perancis, Sastra Jerman, Sastra Belanda, Sastra Arab, Sastra Italia yang notabenenya buku cetak mereka menggunakan bahasa masing-masing negara yang di pelajari. ^_^

Sekian dari Fluida, semoga bermanfaat buat teman-teman Fluider...

Jangan Mudah Putus Asa, Salam Fluida...



Oleh      : CMS
Gambar : www.saynotocrack.com



1 komentar: